Salafiyah Adalah Fase Waktu

bahwasanya salafiyah adalah bagian dari fase tertentu dan juga bukan kelompok penafsir adalah termasuk penafsiran yang janggal dan bathil".

Terlebih lagi, apakah setiap fase waktu tertentu selalu dikatakan sebagai salafiyah? tentunya, tidak seorang pun mengatakan demikian, karena tidak lain salafiyah itu digunakan sebagai istilah bagi kelompok yang beriman, hidup pada masa periode awal dari periode-periode Islam, komitmen dengan Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya, dari kelompok Muhajirin dan Anshar, dan orang-orang yang setia mengikuti mereka dengan baik, sebagaimana disifati (dijelaskan) Rasulullah dengan perkataannya:

"Sebaik-baiknya zaman bagi kalian adalah zaman ku ini, kemudian selanjutnya zaman yang mengikuti mereka, kemudian selanjutnya lagi zaman yang mengikuti mereka "

Hal tersebut tidak lain adalah kriteria bagi kelompok ini, dan bukan sifat bagi fase waktunya, dan ketika Rasulullah menyebutkan akan terjadi perpecahan di tubuh umat ini setelahnya, Ia kemudian bersabda tentang semua golongan tersebut : 

"Sesungguhnya semua golongan itu ada di neraka kecuali satu saja" 

dan menjelaskannya, bahwa yang satu ini ialah golongan yang mengikuti manhaj salaf dan berjalan di atasnya, sebagaimana sabdanya: "Mereka adalah orang-orang yang berada di atas sesuatu yang aku dan para sahabatku berada di atasnya".

Hal ini menunjukkan adanya golongan salafiah terdahulu, dan ada juga golongan yang kemudian setia mengikuti manhajnya, sebagaimana ada golongan yang menyalahinya dan diancam dengan neraka. Hal itu tidak lain karena golongan tersebut sesat dan menyalahi golongan yang selamat.
Title : Salafiyah Adalah Fase Waktu
Description : bahwasanya salafiyah adalah bagian dari fase tertentu dan juga bukan kelompok penafsir adalah termasuk penafsiran yang janggal dan bathil&q...